Minggu, 27 Desember 2009

Kenaikan Harga Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2010


Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2010 disejumlah pasar tradisional di penjuru daerah khususnya kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Biasanya moment ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Di mana jumlah permintaan akan barang-barang tersebut mengalami peningkatan, sedangkan barang-barang tersebut jumlahnya terbatas.
Di sejumlah mall sudah ramai dengan penjual yang menawarkan berbagai pernak-pernik Natal dan Tahun Baru. Harga yang ditawarkan pun beraneka ragam, tetapi cenderung lebih mahal daripada membeli di luar mall. Untuk itu biasanya konsumen mempertimbangkan dahulu sebelum membeli. Konsumen sekarang lebih pintar dalam membeli dan tawar menawar harga, sehingga mereka dapat mendapatkan harga yang sesuai dan barang yang memuaskan juga tentunya. Walaupun harga lebih murah, tetapi kualitas tidak kalah baik dengan barang yang ada di mall.
Begitu pula sejumlah tempat penginapan khususnya di luar kota sudah mempersiapkan pelayanan terbaiknya dan tentunya dengan penawaran harga yang bervariasi sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Biasanya tempat penginapan ini dimanfaatkan keluarga yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di luar kota. Oleh karena itu, mereka jauh-jauh hari sudah mempersiapkan akomodasi.
Sering juga kita temui menjelang perayaan-perayaan tertentu sejumlah tempat perbelanjaan menawarkan potongan harga (discount) atau memberikan kebijakan harga akhir yang dapat menarik pelanggan. Kebijakan harga akhir tersebut contohnya potongan musiman yaitu pengurangan harga yang diberikan untuk waktu-waktu atau musim tertentu. Tujuan potongan musiman adalah mengendalikan permintaan yang tidak teratur atau untuk aspek promosional yang berkaitan dengan event-event (tahun baru, hari besar, hari special, dan sebagainya) tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar