Kepuasan Konsumen Terhadap Sebuah Produk atau Jasa
yang Diberikan oleh Sebuah Perusahaan
Salah satu dari 3 (tiga) unsur konsep pemasaran adalah kepuasan konsumen. Setiap konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan serta kemampuan yang berbeda-beda. Tujuan perusahaan yaitu mencapai kepuasan konsumen sdangkan konsumen mencari kepuasan.
Konsumen dikatakan merasa puas apabila kebutuhannya terpenuhi dan mendapat pelayanan yang baik oleh perusahaan tersebut. Kebutuhan jelas berbeda dengan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang mutlak perlu dan harus didahului. Sedangkan, keinginan biasanya timbul setelah kebutuhan tersebut terpenuhi. Contohnya kebutuhan primer akan pangan (makanan dan minuman). Keinginan akan kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier.
Saat ini konsumen dapat lebih pintar dalam hal memenuhi kebutuhannya tetapi mereka tidak lupa teliti sebelum membeli. Konsumen lebih cenderung mempertimbangkan kualitas dan harga yang terjangkau. Sebelum membeli sebuah produk mereka terlebih dahulu survei kebeberapa tempat yang menjual produk tersebut. Hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan kualitas dan harga. Jika harga yang diotawarkan sesuai dengan kualitas barang tersebut maka konsumen tidak akan ragu lagi untuk membeli barang tersebut. Namun, apabila harga terlalu tinggi sedangkan kualitas tidak terjamin maka konsumen dapat berpindah hati kepada produsen lain yang lebih baik. Di sini konsumen mencari kepuasan dengan semaksimal mungkin.
Tidak hanya produk saja, tetapi jasa pun juga. Misalnya jasa pelayanan yang diberikan oleh sebuah Rumah Sakit, Hotel, Salon, dan sebagainya juga harus diperhatikan. Produsen jasa hendaknya mementingkan kepuasan konsumen terhadap jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pelayanan yang baik, fasilitas yang memadai, tenaga kerja yang ahli dan professional dapat menjadikan perusahaan jasa tersebut mampu dalam mencapai tingkat kepuasan konsumen. Pelayanan yang baik contohnya karyawan yang ramah tamah, sopan, siap melayani konsumen dengan sebaik-baiknya dan senyum ceria. Fasilitas yang memadai contohnya pada sebuah Rumah Sakit diharapkan alat-alat medis yang canggih dan dapat mendeteksi sebuah penyakit dengan tepat akurat. Tenaga kerja yang ahli dan professional contohnya pada sebuah Salon diharapkan mengrekrut karyawan yang professional di bidangnya. Sehingga pelayanan yang diberikan memuaskan konsumen.
Apabila seorang konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan, maka konsumen tersebut biasanya akan menjadi konsumen yang setia dan hal ini tentu saja menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Tetapi jika konsumen tidak merasa puas atau bahkan kecewa terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan, biasanya konsumen akan meralih ke produsen lain yang mereka rasa dapat memberikan kepuasan kepada mereka.
Minggu, 27 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar